PENTINGNYA LAPORAN KEUANGAN

Apa Itu Laporan Keuangan ?

Laporan Keuangan adalah suatu laporan yang disusun berdasarkan kaidah – kaidah tertentu dengan tujuan memberikan informasi keuangan yang berguna untuk pengambilan keputusan ekonomis.


FUNGSI LAPORAN KEUANGAN

Memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas entitas yang bermanfaat bagi sebagian besar kaangan pengguna laporan dalam pembuatan keputusan ekonomi Jenis – jenis laporan keuangan : 

  1. Laporan Posisi Keuangan 
  2. Laporan Laba Rugi Komprehensif 
  3. Laporan Arus Kas 
  4. Laporan Perubahan Ekuitas
  5. Catatan atas Laporan Keuangan


Pentingnya Laporan Keuangan Bagi Perusahan

  • Membantu perusahaan menilai kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. 
  • Menyajikan informasi atau data-data yang komprehensif mengenai kedudukan keuangan perusahaan. Misalnya seperti ulasan kondisi perusahaan secara menyeluruh atau ulasan kondisi keuangan perusahaan secara spesifik. 
  • Sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan penting perusahaan. Terutama keputusan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan atau kelangsungan hidup perusahaan. 
  • Menciptakan hal baru bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan. 
  • Kredibilitas perusahaan juga meningkat karena perusahaan dengan laporan keuangan yang stabil dan baik berarti berhasil mengelola perusahaan terutama keuangan dengan baik.


Perlukah Aplikasi Akuntansi Bagi Perusahaan
  1. Dapat memastikan financial control secara otomatis dan lebih baik.  
  2. Dapat menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi. Karena seluruh data akan disimpan secara digital di lokasi yang aman dan terpantau. 
  3. Meningkatkan akurasi data dan dapat meminimalkan human error yang biasa terjadi saat penghitungan dan entri data. 
  4. Mempermudah dalam mengembangkan strategi, mengalokasikan sumber data dengan tepat, serta memudahkan dalam pengambilan keputusan.  
  5. Meningkatkan keamanan data perusahaan yang bersifat konfidensial. Sistem akuntansi akan memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya di dalam sebuah sistem terpusat yang terlindungi oleh firewall. 
  6. Dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Semua tugas keuangan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga karyawan Anda dapat melakukan tugas pekerjaan lainnya yang bernilai lebih untuk bisnis Anda.



APLIKASI AKUNTANSI
             MYOB (Mind Your Own Business) adalah suatu sofware akutansi terpadu yang proses pencarian data transaksi akutansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre. Setelah itu program MYOB akan memproses data tersebut secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu kedalam seluruh catatan akutansi dan berakhir dengan bentuk laporan keuangan.

Komentar